Electricity

Just another WordPress.com weblog

SBY Tinjau Peternakan Kambing Ettawa Maret 31, 2010

Filed under: Uncategorized — ajiagus @ 3:02 am

Tulung Agung – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meninjau desa sentra peternakan dan pembiakan kambing ettawa di desa Karangsono, Tulung Agung, Jawa Timur. Kambing ettawa merupakan varietas unggulan yang harganya per ekor bisa mencapai ratusan juta rupiah.

“Yang ini namanya Duta Erlangga, dia juara nasional dan harganya Rp 650 juta,” papar Pak Odot, tentang salah seokor kambing ettawa miliknya, Rabu (31/3/2010).

Harga satu ekor kambing yang sama senilai dua unit sedan Honda Civic itu menurut Pak Odot adalah harga yang pantas. Kambing peranakan ettawa memang lebih menyasar pasar hobby dan bukan untuk keperluan konsumsi.

Fisik kambing ettawa amat jauh berbeda dari kambing biasa. Bentuk mukanya cembung, telinganya panjang, di leher ada gelambir mirip sapi, berat badan mencapai 30-an kilogram dan tinggi badan berkisar 1,2 meter.

Bagian paling khas adalah uraian bulu panjang di bagian kepala hingga leher dan paha belakang. Tidak seperti domba, tetapi justru mirip bulu anjing.

Uniknya lagi kambing ettawa ini tidak mengeluarkan suara mengembik, tapi lebih mirip gabungan melenguh dan meraung. Lebih dari itu kambing jenis ettawa tidak mengeluarkan bau lengur khas kambing.

“Kalau mau buat qur’ban ya mending beli sapi satu pasar, itu masih dapat uang kembalian,” ujar Pak Odot yang merupakan perintis ternak kambing ettawa di Tulung Agung.

Tapi bukan berarti kambing ettawa cuma untuk kolektor dan tidak punya nilai ekonomis semasa hidup. Salah satu produk unggulannya adalah susu kambing yang punya nilai gizi dengan kandungan protein dan kalsium yang sangat tinggi.

“Hasil penelitian di AS gizinya setara ASI lho. Harga per liter Rp 30 ribu dan satu kambing bisa menghasilkan susu per hari sampai 2 liter,” jelas Pak Odot.

Rabu, 31/03/2010 09:50 WIB

sumber : http://m.detik.com

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s